PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 TERONG TAWAH TAHUN AJARAN 2023/2024

USWATUN, HASANAH (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 TERONG TAWAH TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER ABSTRAK BAB 1 & BAB 5.pdf

Download (811kB)
[img] Text
02 COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (similarity check)
Uswatun Hasanah a.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu proses pembelajaran yang bercirikan adanya serangkaian kegiatan pemecahan masalah, sehingga selain siswa dapat mempelajari konsep-konsep yang berhubungan dengan masalah tetapi siswa juga memahami metode ilmiah yang digunakan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SD Negeri 1 Terong Tawah; (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning berbantuan media audio visual siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SD Negeri 1 Terong Tawah; (3) untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model problem based learning berbantuan audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SD Negeri 1 Terong Tawah. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian pre eksperimen desain dengan alur one group pretest posttest jumlah sampel 20 siswa kelas V SDN 1 Terong Tawah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji hipotesa. Berdasakan gambaran hasil uji hipotesis yang telah disajikan, karena data berdistribusi normal. ttabel peneliti menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikan a=0.05 atau df = N – 1 = 20 - 1 = 19 maka diperoleh ttabel 1.729 maka diperoleh thitung > ttabel atau 2.829 > 1.729. Karena t hitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, berdasarkan kaidah dasar pengambilan keputusan pada uji one Sample T-test dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIntan, Dwi Hastutinidn0823078802
Thesis advisorAbdilllah, Abdilllahnidn0824048301
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:41
Last Modified: 27 Sep 2024 02:41
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10503

Actions (login required)

View Item View Item