EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MUATAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MATARAM

LESTARI, AINUN SAPUTRI (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MUATAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V.pdf

Download (555kB)
[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
similarity check LESTARI AINUN SAPUTRI (2).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang bisa memudahkan proses belajar dengan cara-cara yang baru yang lebih menyenangkan dan mengutamakan kebebasan siswa dalam hubungan dengan pencapaian-pencapaian yang terarah terhadap apapun mata pelajaran yang diajarkan. Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas penggunaan model Quantum Teaching terhadap Peningkatan Kreativitas siswa pada Muatan IPA kelas IV SD Muhammadiyah Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan Pre-experimen design dengan alur penelitian 0ne-Group pretest-posttes design dan jumlah sampel 12 siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mataram. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 26 for windows dengan menggunakan teknik uji One Sample Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel (14,365 ≥ 1,795) dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Hal ini menunjukkan, bahwa hipotesa (Ha) yang berbunyi bahwa ada Pengaruh penerapan model Quantum Teaching terhadap kreativitas siswa pada muatan IPA kelas IV SD Muhammadiyah Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Nizaarnidn0821078501
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching, Kreativitas, Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Lestari Ainun Saputri
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:58
Last Modified: 27 Sep 2024 01:58
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10499

Actions (login required)

View Item View Item