NINANG, ANJARWATI (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS SD NEGERI SAI SOROMANDI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf Download (6MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan modul ajar merupakan perangkat pembelajaran atau rancangan pembelajaran yang berlandaskan pada kurikulum yang diaplikasikan dengan tujuan untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Modul ajar rmerupakan salah satu bahan ajar yang berupa RPP, LKPD dan Instrumen penilitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana validitas, kepraktisan, dam keektifan pengembangan modul ajar pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk kelas IV di SDN SAI Soromandi. Penelitian ini termaksud penelitian pengembangan (Development research), dengan instrument pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk ahli validasi media materi, bahasa, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Modul ajar yang dikembangkan, diperoleh data dari 2 validator ahli media dengan persentase 86,30% kategori sangat valid, 2 validator ahli materi dengan persentase 85,93% pada kategori valid dan 2 validator ahli bahasa dengan persentase 85,57% pada kategori sangat valid, (2) Hasil angket respon siswa diperoleh data persentase dari respon siswa uji terbatas di kelas V SDN SAI Soromandi, dengan persentase 87,1% pada kategori sangat praktis. Dengan demikian Modul ajar yang dikembangkan praktis (3) Keefektifan Modul ajar dilihat dari hasil siswa mengerjakan soal tes dan diperoleh data hasil uji lapangan di Kelas IV SDN SAI Soromandi, dengan persetase rata-rata nilai siswa N Gain 78,70% pada kategori efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul Ajar, Hasil Belajar Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ninang Anjarwati | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:43 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:43 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10475 |
Actions (login required)
View Item |