PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL BAGI SISWA KELAS IV SDN 05 SILA

FADIATUN, RAHMAT (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL BAGI SISWA KELAS IV SDN 05 SILA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_FADIATUN RAHMAT_NIM 2020A1H149_PGSD.pdf

Download (565kB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_FADIATUN RAHMAT_NIM 2020A1H149_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity Check)
skripsi buat turnitin.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media e-modul berbasis kearifan lokal terhadap pemahaman nilai-nilai multikultural siswa pada mata pelajaran IPAS materi Indonesia Kaya Budaya kelas IV SDN 05 Sila yang valid, praktis, dan efektif. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket validasi, lembar angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar soal tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai multikultural siswa rata-rata dari validator media dengan presentase 94,19% dengan kategori sangat valid, nilai rata-rata validator ahli materi dengan presentase 93,74% dengan kategori sangat valid, dan nilai rata-rata validator ahli Bahasa dengan presentase 97,22. Hasil angket respon siswa pada uji terbatas di kelas IVA di SDN 05 Sila dengan presentase 89,63% dengan katagori sangat praktis. Hasil uji coba lapangan operasional dengan nilai pretest 49,41%, rata-rata postest 84,85%, dan nilai n-gain 0,70 dengan kategori tinggi. Selain keefektifan media e-modul berbasis kearifan lokal dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan yang diperoleh adalah 97,5% dengan katagori Sangat Terlaksana.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: E-Modul Berbasis Kearifan Lokal, Pemahaman Nilai-Nilai Multikultural
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Fadiatun Rahmat
Date Deposited: 26 Sep 2024 06:25
Last Modified: 26 Sep 2024 06:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10474

Actions (login required)

View Item View Item