AWALUDIN, AWALUDIN (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB SISWA MTs. ANNAJAH SESELA LOMBOK BARAT TAHUN AKADEMIK 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB VI_AWALUDIN_NIM 2019G1A020_PBA_OK.pdf Download (790kB) |
|
Text
Cover-Daftar Pustaka Awaludin.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity Check)
AWALUDIN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (964kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam penulisan skripsi ini adapun yang menjadi fokus tujuan pada penelitian ini yaitu 1. Bagaimana model manajemen pembelajaran bahasa arab dalam meningkatkan kemahiran berbahasa arab di Mts Annajah Sesela Lombok Barat 2. Bagaimana usaha dalam meningkatkan kemahiran berbahasa arab Di Mts Annajah Sesela Lombok Barat. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode lapangan (Field research) dimana suatu penelitian dilakukan secara sistematis dan mendalam dan mengangkat data-data dan fakta-fakta yang ada di lapangan yang terjadi secara langsung dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan teknis analisis data yaitu, data reduction {reduksi data}, data display {penyajian data}, dan kesimpulan. Adapun Hasil penelitian ini yaitu, Model Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di MTS An-Najah dilihat dari fungsi manajeman yaitu; Perencanaan dalam Pembelajaran Bahasa Arab yang meliputi tahapan perencanaan yang berfokus pada Penyiapan Perangkat Ajar, Menyusun Silabus Pembelajaran, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Penyiapan Pembelajaran, Menentukan Alokasi Waktu dan Minggu Efektif, Menyusun Program Semester (Promes) , Menyusun Program Tahunan (Prota), Penyiapan Sumber Daya Manusia(SDM) seperti Guru Dan Siswa, Pelaksanaan, serta Evaluasi pada Pembelajaran Bahasa Arab. Adapun Usaha Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Siswa Di Mts An-Najah diantaranya; Menyajikan materi-materi pembelajaran bahasa Arab yang relevan dengan kehidupan peserta didik, Memberikan tanggung jawab kepada peserta didik yang memiliki minat belajar bahasa Arab yang tinggi untuk melakukan pendampingan-pendampingan kepada peserta didik yang memiliki minat belajar bahasa Arab yang rendah, Membangun komunikasi yang santai dengan peserta didik baik di dalam kelas ataupun di luar kelas, Mengelola kegiatan pembelajaran bahasa Arab dengan metode pembelajaran yang menyenangkan, Meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa dengan memberikan teladan menggunakan bahasa Arab melalui berbagai ungkapan populer, Persiapan mengajar seperti adanya RPP, media dan sumber materi pembelajaran yang relevan dengan materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembelajaran, dan Kemahiran Berbahasa Arab. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 200 Agama > 2X6 Sosial dan Budaya Islam |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Awaludi Awaludi | |||||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2024 01:08 | |||||||||
Last Modified: | 27 Sep 2024 01:08 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10469 |
Actions (login required)
View Item |