PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE ( VCT ) TERHADAP NILAI KEMANDIRIAN DIRI SISWA PADA MUATAN PPKn KELAS IV DI SDN 1 TERONG TAWAH

FARA, PUTRI NURYA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE ( VCT ) TERHADAP NILAI KEMANDIRIAN DIRI SISWA PADA MUATAN PPKn KELAS IV DI SDN 1 TERONG TAWAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) merupakan sebuah model pembelajaran yang mengutamakan peran nilai, moral dan karakter peserta didik dalam suatu pembelajaran yang dibimbing oleh guru dengan memberikan stimulus (rangsangan) terhadap suatu masalah atau kegiatan pembelajaran dengan melihat nilai positif dan negatif yang mampu merubah pola pikir peserta didik setelah proses value clarification technique pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran value clarification technique tehadap nilai kemandirian diri siswa pada muatan PPKn kelas IV SDN 1 Terong Tawah. Jenis penelitian ini Pre-experimen design dengan alur penelitian 0ne-Group pretest-posttes design dengan jumlah sampel 31 siswa kelas IV SDN 1Terong Tawah. Tehnik pengumpulan data ini adalah menggunakan observasi, angket kemandirian diri, dan dokumentasi dengan tehnik analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 22 for windows dengan menggunakan teknik One Sample Test pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorHAIFATURRAHMAH, HAIFATURRAHMAHnidn0804048501
Uncontrolled Keywords: Model Value Clarivication Technique, Nilai Kemandirian Diri
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Fara Putri Nurya
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:04
Last Modified: 08 Oct 2024 08:04
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10459

Actions (login required)

View Item View Item