GUSMAN, MILA MARSIDI (2024) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_GUSMAN MILA MARSIDI_NIM 617110064_HUKUM.pdf Download (896kB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_GUSMAN MILA MARSIDI_NIM 617110064_HUKUM.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity Check)
REVISI SKRIPSI GUSMAN MILA MARSIDI HUKUM (1)_PLAGIASIOK (1).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaturan jasa transportasi online yang dilakukan Pemerintah Kota Mataram dan untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan konsumen jasa transportasi online di dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah hukum normatif dan empiris dengan pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan sosiologis, metode pengumpulan data yaitu studi perpustakaan dan wawancara. Sedangkan tehnik analisis bahan hukum yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pengaturan jasa transportasi online, Kota Mataram belum mengeluarkan aturan khusus tentang jasa transportasi online. Tetapi untuk saat ini baru hanya mengeluarkan aturan tentang penetapan alokasi jumlah kebutuhan transportasi online di Kota Mataram seperti perizinan jasa transportasi online yang menggunakan mobil sebagai alat angkutnya dan keberadaan transportasi online yang memberikan pengaruh positif bagi ekonomi harus terus dikelola dengan tepat. (2) Perlindungan hukum pengguna transportasi online berdasarkan Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen telah menjamin akan adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Konsumen dapat diberikan kompensasi, ganti rugi atau penggantian atas kerugian yang dialami konsumen akibat dari hasil pemakaian jasa yang telah diberikan oleh pelaku usaha layanan transportasi online. pada dasarnya memberikan perlindungan bagi konsumen selaku pengguna jasa transportasi online dalam segi keamanan, keselamatan dan kenyamanan serta telah memberikan perlindungan terhadap hak-hak konsumen dan pengenaan sanksi terhadap pengemudi agar pengemudi dapat bersikap hati- hati dalam memberikan pelayanan jasa kepada konsumen.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Transportasi Online | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Hukum 300 Ilmu Sosial > 347 Hukum acara perdata dan pengadilan 300 Ilmu Sosial > 346 Hukum Privat, Hukum Perdata |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Goesman Mila Marsidi | |||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2024 09:09 | |||||||||
Last Modified: | 24 Sep 2024 09:09 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10408 |
Actions (login required)
View Item |