PENGARUH PENERAPAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 15 MATARAM

FRISKA, JUNARTI (2024) PENGARUH PENERAPAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 15 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER ABSTRAK BAB 1 & BAB 5.pdf

Download (735kB)
[img] Text
02 COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
Friska Juniarti.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Lesson study, (jugyokenkyu) dalam bahasa Jepang, adalah model pengembangan profesionalisme guru yang melibatkan kolaborasi dalam merancang, mengajar, dan mengevaluasi pelajaran secara bersama-sama. Model ini berkembang di Jepang sejak tahun 1960-an dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui pengkajian pembelajaran yang kolaboratif dan berkelanjutan. Lesson study memungkinkan guru untuk saling belajar dari pengalaman dan pengetahuan kolektif, serta mengadopsi strategi pengajaran yang lebih efektif sesuai dengan kebutuhan siswa. Model ini tidak hanya meningkatkan pemahaman dan kinerja siswa, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan lesson study di SDN 15 Mataram diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dan mendukung implementasi kurikulum merdeka melalui peningkatan kolaborasi antara guru dan orang tua/wali siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (kuantitatif) yakni penelitian yang bertujuan untuk meneliti dan mengklarifikasikan dalam fenomena atau fakta sosial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan lesson study signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Uji normalitas dan homogenitas memastikan data dapat dianalisis dengan statistik parametrik, dan uji paired sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest di kedua kelas. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen naik dari 67,65 menjadi 85,35, dan kelas kontrol dari 67,05 menjadi 77,15. Kondisi awal pembelajaran kurang kondusif dengan siswa kurang aktif. Instrumen penelitian valid dan reliabel, dengan semua soal pretest/posttest memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Kesimpulannya, lesson study berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArpan, Islami Bilalnidn0806068101
Thesis advisorBaiq, Desi Milandarinidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Pengaruh penerapan Lesson Study, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Friska Junarti
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:49
Last Modified: 25 Sep 2024 03:49
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

View Item View Item