AFNI, AFNI (2020) UPAYA GURU PPKn MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL MELALUI METODE INQUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA KELAS VII DI SMPN 12 KOTA BIMA. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].
Text
COVER - BAB III AFNI 116130003.pdf Download (718kB) |
|
Text
BAB IV AFNI 116130003.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (260kB) |
Abstract
Rendahnya moral siswa di SMPN 12 Kota Bima disebabkan oleh rendahnya empati, tidak memiliki toleransi, faktor lingkungan, dan tidak mampu memahami perasaan orang yang dianiayanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru PPKn mengembangkan kecerdasan moral melalui metode inquiri sosial untuk meningkatkan nilai moral siswa kelas VII di SMPN 12 Kota Bima dan untuk mengetahui peningkatan nilai moral siswa melalui metode inquiri sosial siswa kelas VII di SMPN 12 Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru mata pelajaran lain, dan siswa. Data primer dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi sedangkan data sekunder yakni profil SMPN 12 Kota Bima. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa upaya guru PPKn mengembangkan kecerdasan moral melaui metode inquiri sosial untuk meningkatkan nilai moral siswa meliputi membentuk kelompok belajar yang saling tergantung, menyediakan lingkungan yang mendukung pembelajaran mandiri, mempertimbangkan keragaman siswa, memperhatikan multi-intelegensi siswa, menggunakan teknik-teknik bertanya untuk meningkatkan pembelajaran siswa perkembangan pemecahan masalah, dan keterampilan berfikir tingkat tinggi, dan menerapkan penilaian autentik. Peningkatan nilai moral siswa melaui metode inquiri sosial untuk meningkatkan nilai moral siswa meliputi kegiatan penjadwalan, pembuatan cacatan kemajuan belajar siswa, motivasi belajar dan kontrak belajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa, karena siswa merasa senang dan tidak bosan. Kata kunci: Kecerdasan Moral, Metode Inquiri Sosial, dan Nilai Moral Siswa
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Moral, Metode Inquiri Sosial, dan Nilai Moral Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan | |||||||||
Depositing User: | Mariana Rahmawati | |||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2020 03:57 | |||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2020 03:57 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1040 |
Actions (login required)
View Item |