EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI LAYANAN PERPUSTAKAAN (STUDI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

AGAM, MAS AGUNG (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI LAYANAN PERPUSTAKAAN (STUDI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V.pdf

Download (406kB)
[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
AGAM MAS AGUNG (5).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media social era sekarang ini sudah menjadi bagian hidup masyarakat, mulai untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, data, sampai berbelanja. Media social sangat cepat dalam menyebarkan informasi, hal inilah yang diliat oleh perpustakaan. Media sosial dimanfaatkan sebagai alat promosi yang populer bagi perpustakaan dimana memungkinkan menjangkau pengguna serta berkomunikasi melalui media online secara cepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan media sosial yang pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB dari segi daya tarik pembaca, kejelasan informasi yang disajikan dan kelengkapan informasi dari setiap postingan yang di lakukan oleh perpustakaan sudah sesuai, namun dari sisi views dan like atau umpan balik penguna perpustakaan sangat minim, hal ini terlihat dari jumlah followers pada media sosialnya dan juga umpan balik di setiap postingan yang di unggah. Jumlah followers pada media sosial dapat dikatakan sangat sedikit sekali bahkan tidak ada 1% jumlah penduduk yang mengikuti Instagram, Facebook, dan Youtube perpustakaan provinsi NTB. Hal ini bertolak belakang dengan sasaran pengguna perpustakaan Provinsi NTB yang melayani seluruh masyarakat yang ada di Provinsi NTB. Berdasarkan hal tersebut peneliti menyimpulkan bahwa promosi melalui media sosial belum termasuk kategori efektif. Saran pada penelitian ini perpustakaan dapat memanfaatkan influencer untuk dapat menumbuhkan umpan balik penguna di media sosial. Perpustakaan juga dapat melakukan program kampanye khusus di media sosial, seperti kuis, giveaway, atau lomba, yang dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan membuat mereka lebih tertarik dengan layanan perpustakaan. Perpustakaan dapat memanfaatkan alat analitik media sosial untuk memahami preferensi dan perilaku pengguna. Data ini dapat digunakan untuk menyempurnakan strategi promosi dan memastikan bahwa konten yang diposting relevan dan menarik bagi target pengguna.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorISKANDAR, ISKANDARnidn0802048904
Thesis advisorHIRMA, SUSILAWATInidn0819039102
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Sosial, Promosi, Layanan Perpustakaan.
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan & Informasi
000 Karya Umum > 025 Operasional Perpustakaan
000 Karya Umum > 027 Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Disiplin Ilmu secara Umum
000 Karya Umum > 023 Personalia Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 Perpustakaan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Agam Mas Agung
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:48
Last Modified: 23 Sep 2024 07:48
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10368

Actions (login required)

View Item View Item