ANALISIS TINDAK TUTUR REPRESENTATIF GURU SECARA VIRTUAL DALAM VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII

MAHYUDIN, MAHYUDIN (2020) ANALISIS TINDAK TUTUR REPRESENTATIF GURU SECARA VIRTUAL DALAM VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
file 1.2.3..pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
file 5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk tindak tutur representatif guru secara virtual dan bagaimanakah strategi yang digunakan oleh guru dalam mengungkapkan tuturan secara virtual dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur representatif guru secara virtual dalam video pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan mengidentifikasi strategi yang digunakan guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori pragmatik dan sumber data pada penelitian ini adalah video pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama kelas VII secara virtual yang diambil dari internethttp://youtu.be/MVs7kB7y8bs,http://youtu.be/CZSQVUV4MNc,http//youtu.be/UB0s6_oeoc4.. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka, metode simak yang dilanjutkan dengan metode catat. Teknik analisis data yang digunakan yakni, transkripsi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yaitu 54 (lima puluh empat) tuturan dari 31(tiga puluh satu) tuturan pada video 1 dengan tema pembelajaran teks cerita fabel, Sedangkan dalam video ke-2 dengan tema teks cerita fantasi yang didapatkan 11 (sebelas) tuturan dari 5 (lima) bentuk tindak tutur represetatif guru. Sedangkan dalam video ke-3 didapatkan 12 (dua belas) tuturan dengan 4 (empat) bentuk tindak tutur representatif dengan tema pembelajaran yaitu teks laporan hasil observasi. Strategi tindak tutur yang paling sering digunakan oleh guru pada saat pembelajaran yakni strategi tindak tutur langsung. Dalam penelitian ini guru menggunakan strategi tindak tutur langsung sebanyak 50x (lima puluh kali) dalam tiga video pembelajaran dan strategi indak tutur tidak langsung digunakan sebanyak 4x (empat kali) dalam tiga video pembelajaran. Kata kunci: tindak tutur, guru, virtual

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerTITIN, UNTARI0810106301
ReviewerNURMIWATI, NURMIWATI0817098601
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, guru, virtual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:43
Last Modified: 28 Aug 2020 02:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item View Item