ANALISA TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA BUNDARAN LINGKAR SELATAN DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT)

M, RAZIN SETIO BUDI (2024) ANALISA TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA BUNDARAN LINGKAR SELATAN DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
SKRIPSI COVER SAMPAI DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK M.RAZIN SETIO BUDI_2019D1B074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi merupakan sarana terpenting dalam suatu negara,berkembang atau tidaknya suatu negara dapat diukur dari kemajuan teransportasi yang ada di suatu negara tersebut, permasalahan yang banyak terjadi di indonesia ialah tingkat kecelakaan lalu lintas yang sangat tinggi. Ruas Jalan Bundaran Lngkar Selatan kota Mataram merupakan simpang dengan peak hour yang tinggi karena simpang ini menghubungkan Jl. Gajah Mada – Jl. Lingkar Selatan – Jl. Bypass – Jl. K.H. Ahmad Dahlan – Jl. Dr. Sudjono. Permasalahan lain yang sering terjadi pada Ruas Jalan Bundaran Lingkar Selatan kota mataram yaitu kendaraan bermotor yang tidak memberikan lampu sein saat ingin bermanuver ke kiri dan ke kanan, dan pengemudi yang kurang konsentarsi pada saat berkendara. Secara garis besar, kecelakaan disebabkan oleh empat faktor, yaitu manusia, kendaraan, jalan dan lingkungan.Traffic Conflict Technique (TCT) adalah suatu metode mengobervasi yang dilakukan dengan cara mendata kecelakaan yang hampir terjadi (near-missed accident) serta melihat pola terjadinya kecelakaan. Traffic Conflict Technique (TCT) dikembangkan oleh Departeman of traffic planning and engineering di Lund University di Swedia. Time to Accident (TA) adalah waktu yang tersisa sejak tindakan mengelak (evasive) dilakukan hingga pada saat terjadinya tabrakan jika pengguna jalan tidak merubah kecepatan kendaraannya serta tidak mengubah arah laju kendaraanya. Nilai TA dihitung berdasarkan perkiraan jarak (D) dan kecepatan kendaraan (V) yang diperoleh dari hasil survey. Setelah dilakukan penelitian dengan metode TCT, didapat bahwa lokasi penelitian berpotensi untuk menyebabkan terjadinya kecelakaan. Dengan kata lain, metode ini dapat digunakan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan para pengguna jalan, dapat memberikan gambaran - gambaran titik konflik pada persimpangan yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan. Kata kunci : transportasi, TCT, persimpangan, TA.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorISFANARI, ISFANARInidn0830086701
Thesis advisorSWAHIP, SWAHIPnidn0021046506
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : transportasi, TCT, persimpangan, TA.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: M. Razin Setio Budi
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:35
Last Modified: 26 Sep 2024 07:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10350

Actions (login required)

View Item View Item