PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN 41 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

ERISUNDARI, ERISUNDARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN 41 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbasis Etnomatematika untuk meningkatakan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV SD. Pembelajaran STAD ialah salah satu model pembelajaran kooperatif dengan munggunakan kelompok kecil dengan jumlah anggota setiap kelompok 4-5 peserta didik yang terdiri atas berbagai unsur yang berbeda sifat besera kelainan jenis. menjadi masalah penelitian ini “bagaimana pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD berabasi Etnomatika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa Kelas IV SDN 41 CakraNegara” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan Pretes-prostes. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunanaan model pembelajaran konvesional atau metode cerama padal kelas kontrol kurang efektif. Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SDN 41 Cakranegara.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Etnomatematika, Pemahaman Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Erisundari Erisundari
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:47
Last Modified: 23 Sep 2024 03:48
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item