MUHAMAD, AHLUN NASAR (2020) PENGARUH NEGATIF GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMKN 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].
Text
COVER - BAB I, II, III Baru.pdf Download (837kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V dan LAMPIRAN Baru.pdf Download (1MB) |
Abstract
Game Online adalah salah satu jenis permainan yang memanfaatkan perangkat yang terkoneksi jaringan internet sebagai medianya. Adanya Game Online saat ini, menjadi suatu tantangan baru bagi para pelajar, hal ini dikarenakan pada masa ini adalah masa perkembangan. Persoalan Motivasi bagi remaja maupun anak-anak adalah persoalan yang paling umum, pembangunan motivasi belajar menjadi suatu tantangan baru bagi remaja dan anak-anak selaku siswa-siswi sebagai peserta didik, salah satunya siwa-siswi SMKN 1 Narmada. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh negatif game online terhadap motivasi belajar siswa di SMKN 1 Narmada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh negatif game online terhadap motivasi belajar siswa di SMKN 1 Narmada Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional kausal. Dengan populasi sebanyak 47 siswa kelas X dan teknik samping adalah Proportionate Random Sampling (pengambilan sampel secara seimbang) yaitu sebanyak 40 siswa dari kelas X. Metode pengumpulang data yaitu kuesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan Uji T didapatkan hasil t hitung yaitu sebesar -5,485 Jika dibandingkan t tabel dengan jumlah N 40 pada pada α 0,05 uji satu pihak, dk = n-1 = 40 – 1 = 39 yaitu sebesar -1,685 yang berarti -5,485 < -1,685 (t hitung lebih kecil dari t tabel). Dapat disimpulkan bahwa Ho yang berbunyi tidak terdapat pengaruh negatif game online terhadap motivasi belajar siswa di SMKN 1 Narmada tahun pelajaran 2019/2020 ditolak dan Ha yang berbunyi terdapat pengaruh negatif game online terhadap motivasi belajar siswa di SMKN 1 Narmada tahun pelajaran 2019/2020 diterima. Kata Kunci : Game Online, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Game Online, Motivasi Belajar | |||||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan | |||||||||||||||
Depositing User: | Mariana Rahmawati | |||||||||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:46 | |||||||||||||||
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:46 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1026 |
Actions (login required)
View Item |