PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN HOME MATERIALS TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK

Hidayat, Hidayat (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN HOME MATERIALS TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model Project based learning (PjBL) berbantuan home materials terhadap kreativitas peserta didik pada kelas VII SMP Negeri 2 Labuapi tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk penelitian semu eksperimental dengan menggunakan bentuk pretest dan posstest. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Labuapi yang terdiri dari 4 kelas. Dan sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan yang terpilih adalah kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan VII D sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan menerima pembelajaran menggunakan model Project based learning sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pengajaran yang konversional. Adapun cara pengumpulan data dilakukan melalui tes kreativitas berupa soal eesay yang sudah divalidasi. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat kreativitas antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan model Project based learning berbantuan home materials meningkatkan nilai kreativitas dari peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konversional atau terdapat pengaruh dari model pembelajaran Project based learning berbantuan home materials terhadap kreativitas dari peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Labuapi tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLINDA, SEKAR UTAMInidn0817088304
Thesis advisorKHAIRIL, ANWARnidn0506108402
Uncontrolled Keywords: Project based learning berbantuan Home Materials, Kreativitas peserta didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Hidayat Hidayat
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:11
Last Modified: 25 Sep 2024 04:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item