ROLI, AFIF HUZAIFI (2024) ANALISA TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT KAMPUS UMMAT DENGAN METODE TRAFFICT CONFLICT TECHNIQUE (TCT). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I dan BAB V.pdf Download (791kB) |
|
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
File similarity.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada simpang Jl. Gajah Mada – Jl. Merdeka Raya – Jl. KH . Ahmad Dahlan, memiliki kepadatan lalu lintas yang relatif tinggi secara bergantian di setiap jalur secara bergantian pada saat jam sibuk yang menyebabkan seringnya terjadi kemacetan. Permasalahan lain yang biasa ditemui di Persimpangan Kampus Ummat antara lain pengemudi memotong jalur, pengemudi melawan arus dan kurang konsentrasi saat berkendara. Permasalahan tersebut seringkali menimbulkan konflik lalu lintas dan dapat berujung pada kecelakaan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Traffic Conflict Tehnique (TCT). Metode yang digunakan untuk mengobservasi suatu kejadian atau konflik yang ada pada jalan raya dengan mengidentifikasi kecelakaan yang hampir saja terjadi (near missed accident) dengan cara mengamati jarak dan kecepatan kendaraan serta melihat pola yang dapat menyebabkan terjadinya suatu kecelakaan di lokasi survei. Setelah menemukan hasil dari analisa lalu diplot ke dalam grafik untuk menemukan hasil nilai time to accident (TA) nilai time to accident adalah nilai untuk melihat apakah Jalan Raya Gajah Mada, Jalan Merdeka Raya dan Jalan KH. Ahmad Dahlan termasuk serious conflict atau non serious conflict. Pada lokasi penelitian yaitu Simpang Empat depan kampus ummat Kota Mataram berpotensi untuk menyebabkan kecelakaan. Persentasi serious conflict 96% dan non serious conflict 4%, hal ini menunjukan bahwa serious conflict lebih banyak dibandingkan dengan non serious conflict. Di Jalan Raya Gajah mada, Jalan Merdeka raya dan Jalan KH. Ahmad Dahlan Simpang 4 depan kampus ummat termasuk simpang dengan serious conflict. Hal ini terjadi karena kelalaian pada pengendara, tidak adanya sinyal lalu lintas, marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas sebagai pengatur arah dan laju kendaraan. Sinyal lalu lintas, marka jalan dan rambu lalu lintas sangat penting agar dapat mengurangi angka kecelakaan pada pengguna jalan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Traffic Conflict Tehnique (TCT), Transportasi, Persimpangan, Time To Accident. | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Roli Afif Huzaifi | |||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:50 | |||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:50 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10153 |
Actions (login required)
View Item |