ANANDA, HELIA PUTRI (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf Download (5MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar matematika terhadap hasil belajar matematika kelas IV Sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg And Gall. Intrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket validasi, lembar angket respond siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan pengembangan modul ajar rata-rata dari validator dengan presentase 88% dengan kategori sangat valid, dan nilai rata-rata validator ahli media dengan presentase 87% kategori sangat valid. Hasil angket respond siswa pada uji coba terbatas di SDN 26 Ampenan dengan presentase 86,71% kategori snagat praktis. Hasil uji coba lapangan operasional dengan nilai pretest 48,3%, rata-rata nilai posttest 87,5% dan nilai n-gain 0,74 dengan kategori tinggi. Selain keefektifan modul ajar dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan yang diperoleh adalah 100% pada kategori sangat terlaksana.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | modul ajar, hasil belajar matematika | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ananda Helia Putri | |||||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2024 06:40 | |||||||||
Last Modified: | 19 Sep 2024 06:40 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10122 |
Actions (login required)
View Item |