PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MTs ALMUWAHHIDIN LELEDE LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2023/2024

MUHAMMAD, BILAL (2024) PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MTs ALMUWAHHIDIN LELEDE LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB VI_MUHAMMAD BILAL_NIM 2020G1A034_PBA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_MUHAMMAD BILAL_NIM 2020G1A034_PBA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
skripsi muhammad bilal revisi pra sidang.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan aplikasi duolingo dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab dan mengetahui peningkatan pemahaman kosakata bahasa Arab siswa kelas delapan di MTs Al-Muwahhidin Lelede, Lombok Barat, tahun ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kosakata yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Sample yang digunakan berjumlah 50 siswa kelas 8 yang dibagi menjadi 2 kelas masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan aplikasi duolingo terbukti efektif dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab siswa, hal ini karena hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Penggunaan aplikasi ini memberikan dampak positif pada proses pembelajaran, karena duolingo menawarkan metode belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan minat siswa terhadap pendidikan dan memudahkan pemahaman mereka terhadap kosakata baru. 2) Penggunaan aplikasi duolingo secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi tersebut, terdapat peningkatan yang mencolok pada nilai tes kosakata siswa. Metode pembelajaran interaktif yang ditawarkan oleh duolingo, seperti latihan berulang dan umpan balik langsung, membantu siswa untuk menghafal dan memahami kosakata baru dengan lebih baik. Aplikasi ini juga memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kecepatan pribadi mereka, sehingga membuat proses pembelajaran lebih nyaman dan efektif. Oleh karena itu, duolingo dapat menjadi alat pendidikan alternatif yang efektif untuk meningkatkan kosakata bahasa Arab bagi siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Thesis advisorAHMAD, HELWANI SYAFI'Inidn0801127803
Uncontrolled Keywords: Duolingo, Penguasaan, Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Bilal
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:07
Last Modified: 25 Sep 2024 08:07
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10069

Actions (login required)

View Item View Item