WIKA, ARIANI (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA P5 DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEDULIAN PESERTA DIDIK TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 NARMADA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_WIKA ARIANI_NIM 2020A1C022_PPKn.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_WIKA ARIANI_NIM 2020A1C022_PPKn.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (similarity check)
Wika Ariani.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) | Request a copy |
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bidang studi khusus disiplin ilmu yang dirancang untuk mengidentifikasi dan mengurangi masalah lingkungan tujuh rekomendasi dibuat dengan menggunakan pembelajaran berbasis projek.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk sikap kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah dan mengetahui bagaimana peran guru dalam mendukung implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) untuk membentuk sikap kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah. Penelitian ini bersifat deksripsi kualitatif yang artinya peneliti menganalisis dan menggambarkan secara mendetail tentang keadaan yang ada dilapangan, lokasi penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Narmada, Desa Sedau Keru Kec.Narmada kabupaten Lombok Barat. Dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling subjek atau informanya adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, dan Guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian mengenai implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk sikap kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah di SMPN 3 Narmada. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian :1. Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk sikap kepedulian peserta didik.SMPN 3 Narmada berhasil membentuk sikap peduli peserta didik terhadap lingkungan sekolah guru-guru mengintegrasikan projek ini ke dalam kurikulum dengan materi tentang konsep gaya hidup berkelanjutan dan kegiatan praktis seperti:penanaman pohon, pengelolan sampah, serta projek kecil yang melibatkan peserta didik. 2. Peran guru dalam mendukung implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) untuk membentuk sikap kepedulian peserta didik. Dengan memberikan penjelasan, motivasi, bimbingan, dan materi pembelajaraan tentang lingkungan. Proyek P5 di SMP Negeri 3 Narmada berhasil meningkatkan kesadaran dan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan serta mengintegrasikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila ke dalam kurikulum secara efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Wika Ariani | |||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:11 | |||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:11 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10064 |
Actions (login required)
View Item |