LILIS, KARLINA (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM GURU PENGGERAK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV SDN 2 DENA TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
01 cover abstrak bab 1 & bab 5.pdf Download (777kB) |
|
Text
02 cover - daftar pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (similarity check)
Lilis Karlina a.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah salah satu faktor yang mendukung kemajuan dari suatu bangsa. Warga Indonesia berhak mendapatkan Pendidikan yang akan menjadi jalan mengubah nasib bangsa. Implementasi juga dapat dikatakan aksi nyata dari teori yang telah dibuat sebelumnya. Implementasi adalah menentukan serangkaian langkah yang diambil untuk melaksanakan hasil dari kinerja. Peranan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan maka pemerintah membuat program untuk mendorong peningkatan kompetensi guru melalui kebijakan merdeka belajar yang salah satu programnya tentang guru penggerak. Dalam hal ini dengan adanya program PGP (Program Guru Penggerak) sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kompetensi guru demi mewujudkan hasil belajar siswa yang optimal. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian secara tertulis berdasarkan hasil dari wawancara ataupun dari sesuatu yang diamati oleh peneliti ketika berada di lapangan. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Dena yang berlokasi di jalan Lintas Woro Campa, Desa Dena Kec. Madapangga Kab. Bima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyoroti peran penting guru penggerak dalam menerapkan pembelajaran yang terintegrasi dengan kurikulum pada siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa program tersebut memiliki dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi akademik siswa. Efektivitas program guru penggerak berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran intrakurikuler di kelas IV sekolah dasar. Peningkatan kompetensi guru berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Implementasi program ini berpengaruh positif terhadap partisipasi aktif siswa dalam kegiatan intrakurikuler. Pendekatan pembelajaran yang beragam guru penggerak mendorong guru untuk menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih bervariasi, termasuk penggunaan media teknologi yang relevan. Hambatan dan solusi meskipun program ini membawa banyak manfaat terdapat beberapa hambatan seperti keterbatasan fasilitas dan waktu. Solusi untuk mengatasi hambatan ini termasuk penyediaan sumber daya yang memadai, pelatihan berkelanjutan bagi guru, dan peningkatan komunikasi serta kerjasama antar semua pihak terkait.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | implementasi, program guru penggerak, pembelajaran intrakurikuler, siswa sekolah dasar | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Lilis Karlina | |||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2024 03:48 | |||||||||
Last Modified: | 18 Sep 2024 03:48 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10015 |
Actions (login required)
View Item |