IMPLEMENTASI PROGRAM GURU PENGGERAK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV SDN 2 DENA TAHUN AJARAN 2023/2024

LILIS, KARLINA (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM GURU PENGGERAK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV SDN 2 DENA TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 cover abstrak bab 1 & bab 5.pdf

Download (777kB)
[img] Text
02 cover - daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
Lilis Karlina a.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah salah satu faktor yang mendukung kemajuan dari suatu bangsa. Warga Indonesia berhak mendapatkan Pendidikan yang akan menjadi jalan mengubah nasib bangsa. Implementasi juga dapat dikatakan aksi nyata dari teori yang telah dibuat sebelumnya. Implementasi adalah menentukan serangkaian langkah yang diambil untuk melaksanakan hasil dari kinerja. Peranan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan maka pemerintah membuat program untuk mendorong peningkatan kompetensi guru melalui kebijakan merdeka belajar yang salah satu programnya tentang guru penggerak. Dalam hal ini dengan adanya program PGP (Program Guru Penggerak) sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kompetensi guru demi mewujudkan hasil belajar siswa yang optimal. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian secara tertulis berdasarkan hasil dari wawancara ataupun dari sesuatu yang diamati oleh peneliti ketika berada di lapangan. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Dena yang berlokasi di jalan Lintas Woro Campa, Desa Dena Kec. Madapangga Kab. Bima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyoroti peran penting guru penggerak dalam menerapkan pembelajaran yang terintegrasi dengan kurikulum pada siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa program tersebut memiliki dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi akademik siswa. Efektivitas program guru penggerak berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran intrakurikuler di kelas IV sekolah dasar. Peningkatan kompetensi guru berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Implementasi program ini berpengaruh positif terhadap partisipasi aktif siswa dalam kegiatan intrakurikuler. Pendekatan pembelajaran yang beragam guru penggerak mendorong guru untuk menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih bervariasi, termasuk penggunaan media teknologi yang relevan. Hambatan dan solusi meskipun program ini membawa banyak manfaat terdapat beberapa hambatan seperti keterbatasan fasilitas dan waktu. Solusi untuk mengatasi hambatan ini termasuk penyediaan sumber daya yang memadai, pelatihan berkelanjutan bagi guru, dan peningkatan komunikasi serta kerjasama antar semua pihak terkait.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIntan, Dwi Hastutinidn0821078501
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0810018901
Uncontrolled Keywords: implementasi, program guru penggerak, pembelajaran intrakurikuler, siswa sekolah dasar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Lilis Karlina
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:48
Last Modified: 18 Sep 2024 03:48
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10015

Actions (login required)

View Item View Item