PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL ( IPAS ) KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2023/2024

DESY, AYU PUSPITASARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL ( IPAS ) KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh metode pembelajaran pjbl terhadapt motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran project based learning terhadapt motivasi belajar siswa kelas IV SDN 15 Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen design tipe Non-equavalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 15 Mataram kelas ,IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tehnik sampling jenuh dimana anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 40 siswa, dengan jumlah sampel kelas eksperimen 20 siswa dan sampel kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dokumentasi. Bedasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil uji t yang dilakukan thitung lebih besar dari ttabel (10.351>2,024), maka Ha diterima dan Ho ditolak, , dan dilihat dari nilai sig (Two-Sided p) < 0,05 = (0,01< 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak, jadi sebagaimana kaidah dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-test dapat disimpulkan, bahwa ada pengaruh metode pembelajaran pjbl meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 15 Mataram tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Metode PJBL, Motivasi Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Desy Ayu Puspitasari
Date Deposited: 27 Sep 2024 09:23
Last Modified: 27 Sep 2024 09:23
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item View Item