Penggunaan Kitab Al-Jami’I Dalam Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Arab Siswa di Lembaga Kursus El-Barqi Mataram Tahun Ajaran 2023/2024

NURHAIDAH, NURHAIDAH (2024) Penggunaan Kitab Al-Jami’I Dalam Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Arab Siswa di Lembaga Kursus El-Barqi Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB IV.pdf

Download (23MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa arab merupakan salah satu penerapan Pendidikan islam di Indonesia. Bahasa arab merupakan salah satu mata pembelajaran Bahasa asing di sekolah-sekolah islam di Indonesia, dengan mempelajari Bahasa arab maka akan lebih mudah dalam memahami makna Al-Qur’an, hadits Nabi dan juga bacaan sholat oleh karena itu Bahasa arab merupakan pembelajaran yan sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Bagaimana langkah-langkah pengajaran tata bahasa arab siswa menggunakan kitab al-jami’I di Lembaga kursus el-barqi mataram tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Bagaimana usaha dalam meningkatkan kemampuan tata Bahasa arab siswa setelah menggunakan kitab al-jami’I di Lembaga kursus el-barqi mataram tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, melibatkan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kitab Al-Jami'i di Lembaga Kursus El-Barqi Mataram melibatkan serangkaian Langkah-langkah pengajaran yang terstruktur, termasuk pembacaan teks Arab, penerjemahan, dan latihan pengulangan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan tata bahasa Arab siswa setelah menggunakan kitab Al-Jami'i, yang mencerminkan efektivitas metode pengajaran yang digunakan. Evaluasi pembelajaran bahasa arab setelah menggunakan kitab al-jami’I di Lembaga kursus el-barqi mataram telah menggunakan evaluasi dengan teks objektif dan subyektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0803128502
Thesis advisorNURJANNAH, NURJANNAHnidn0807048002
Uncontrolled Keywords: Kitab Al-Jami’I, Tata Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurhaidah Nurhaidah
Date Deposited: 26 Sep 2024 09:43
Last Modified: 26 Sep 2024 09:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9712

Actions (login required)

View Item View Item