PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKTIVITAS PASAR CEMARA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN R.A KARTINI MENGGUNAKAN METODE PKJI 2023

BAIQ, AISYA ASTIKA RUKANDANI (2024) PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKTIVITAS PASAR CEMARA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN R.A KARTINI MENGGUNAKAN METODE PKJI 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I, BAB V.pdf

Download (988kB)
[img] Text
COVER sampai DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pasar Cemara merupakan pasar yang terletak di jalan R.A Kartini sebagai sentral sarana perdagangan bagi masyarakat sekitar. Jalan R.A Kartini juga merupakan jalan alternatif tercepat menuju sekolah-sekolah dan perkantoran bagi masyarakat sekitar kawasan monjok. Salah satu penyebab arus lalu lintas terganggu adalah adanya hambatan samping yang terjadi dikarenakan aktivitas pasar. Tingginya aktivitas pada samping jalan dapat berpengaruh terhadap kapasitas dan kinerja jalan pada suatu wilayah. Penelitian dilakukan di sepanjang segmen depan Pasar Cemara selama 3 hari pengamatan dengan data primer yang digunakan meliputi jumlah hambatan samping, volume lalu lintas dan geometrik jalan sedangkan data sekunder yang digunakan yaitu peta lokasi dan jumlah penduduk. Data volume lalu lintas diteliti berupa, sepeda motor (SM), mobil penumpang (MP), dan kendaraan sedang (KS). Hambatan samping yang diteliti meliputi pejalan kaki, kendaraan berhenti atau parkir, kendaraan keluar atau masuk lahan samping jalan, dan kendaraan tak bermotor. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama 3 hari yaitu senin, rabu, dan minggu didapatkan volume lalu lintas tertinggi yaitu terjadi pada hari Senin, 24 Juni 2024 pukul 11.30 – 12.30 WITA sebesar 911 smp/jam. Didapatkan hambatan samping tertinggi terjadi yaitu pada hari Minggu, 23 Juni 2024 pukul 07.00 - 08.00 WITA sebesar 403 smp/jam dengan kelas hambatan samping untuk ruas Jalan R.A Kartini diperoleh kelas S (sedang). Didapatkan tingkat pelayanan terendah yaitu C dengan kondisi arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas. Hambatan samping berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan yang dimana meskipun jumlah kendaraan yang melintas tidak berubah secara drastis tetapi hambatan samping yang tinggi dapat membuat ruang pergerakan kendaraan menjadi lebih sempit sehingga kecepatan kendaraan dibatasi untuk menghindari resiko kecelakaan yang tidak terduga. Adanya hambatan samping seringkali menyebabkan kendaraan melambat atau berhenti sehingga mempengaruhi efisiensi perjalanan yang awalnya singkat bisa menjadi lebih lama sehingga dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna jalan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Thesis advisorADRYAN, FITRAYUDHAnidn0802058903
Uncontrolled Keywords: Volume lalu lintas, pengaruh hambatan samping, PKJI 2023
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Baiq Aisya Astika Rukandani
Date Deposited: 12 Sep 2024 12:56
Last Modified: 12 Sep 2024 12:56
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9685

Actions (login required)

View Item View Item