Wandi, Rizaldi (2024) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi di Kantor Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
01 COVER - BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
02 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (Similarity Check)
Wandi Rizaldi 9.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Kantor Kecamatan Alas Barat memberikan pelayanan publik yang baik. Terdapat masalah dari prinsip good governance yaitu prinsip responsivitas dimana komunikasi antara masyarakat dan pegawai yang masih bersikap tidak ramah kepada masyarakat, prinsip efektivitas dan efesien dimana proses pelayanan yang masih berbelit-belit dengan waktu yang lama, prinsip keadilan dimana pelayanan menggunakan sistem kekeluargaan (Nepotisme), prinsip tranparansi dimana tidak keterbukaan dalam informasi pelayanan publik yang akurat. Penelitian ini menggunakan teori Sedarmayanti, (2012, p. 2) Menyatakan bahwa Good governance merupakan suatu Pemerintahan yang membutuhkan komitmen dan keterlibatan semua pihak yaitu Pemerintah, Masyarakat,agar pemerintah yang baik dapat menjadi kenyataan dan berjalan dengan baik, terdapat beberapa unsur atau prinsip utama yang yang dapat memberikan gamabaran Admnistrasi publik yang berciri pemerintahan yang baik yaitu: Akuntanbilitas, Transparansi, Responsif, Partisipasi masyarakat, Efektivitas dan efisien, keadilan, Berorientasi pada Konsensus (Consensus Orientation) Visi strategis. Metode peneliti antara lain dengan menentukan informan sebanyak 15 orang. Sumber pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan implementasi Prinsip-prinsip Good Governance dalam pelayanan publik di kantor kecamatan Alas Barat sudah cukup baik, mulai dari prinsip responsivitas, efektivitas dan efesien, keadilan dan tranparansi meskipun masih ada kendala dalam prasarana penunjang yang belum memedai tidak menurunkan kualitas yang diberikan kemasyarakat. Faktor dalam Memberikan Pelayanan yang Optimal di lihat dari hasil implementasi antara lain kesadaran masyarakat, aparatur pemerintah dan sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Good governance, Pelayanan publik | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Wandi Rizaldi | |||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2024 02:19 | |||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2024 02:19 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9055 |
Actions (login required)
View Item |