PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2023/2024

FATMAWATI, HAFIZ (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (Similarity Check)
SKRIPSI_FIX_FATMA 2024.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mendeskripsikan proses pengembangan media vidio interaktif animasi berbasis powtoon pada tema 1 subtema 2 materi hewan sahabat ku, mengetahui kevalidan, menguji kepraktisan, dan menguji keefektifan media video interaktif animasi berbasis powtoon pada tema 1 subtema 2 materi hewan sahabat ku terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VI SDN 15 Mataram. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, & evaluation). Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran vidio interaktif animasi berbasis powtoon yang telah memenuhi kategori sangat layak dan sangat baik berdasarkan penilaian yang diberikan ahli media, ahli materi, guru sebagai praktisi serta angket respon siswa pada uji kevalidan dan uji kepraktisan. Selain itu, media pembelajaran vidio interaktif animasi berbasis powtoon juga dinyatakan efektif setelah dilakukan test hasil belajar kognitif siswa melalui tes uji coba lapangan dengan perolehan skor pre-test 53,5 dan post-test 84,2 dengan gain standar 0,65. Hasil tes uji coba lapangan dengan penghitungan gain standar menunjukkan selisih antara pre-test dan post-test termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan data hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan media vidio interaktif animasi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Media video interaktif animasi, Powtoon, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Fatmawati Hafiz
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:17
Last Modified: 20 Mar 2024 06:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8816

Actions (login required)

View Item View Item