PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS V DI SDN 03 AMPENAN

FEBI, ARIANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS V DI SDN 03 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SIMILARITY CEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Observasi yang telah dilakukan Peneliti, Sekolah Dasar Negeri 03 Ampenan ialah Sekolah Dasar yang terletak di Jalan Raden Mas Panji Anom, Kelurahan Pagutan Timur, Kota Mataram. Seperti halnya Sekolah Dasar pada umumnya, SDN 03 Ampenan memiliki tujuan untuk membantu Siswa salam mengembangkan potensi siswa-siswanya, termasuk Literasi Sains Siswa. Namun, masih terdapat siswa yang mengalami permasalahan Literasi Sains, hal ini dikarenakan dari siswa yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Peneliti. Hal tersebut menunjukkan bahwa Literasi Sains Siswa masih kurang. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Desain Penelitian yang digunakan adalah Non equivalent kontrol grup. Lokasi Penelitian Di SDN 03 Ampenan, waktu Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode Pengumpulan data menggunakan Observasi dan Tes. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t (independent sample-test) Hasil penelitian ini Menunjukan Bahwa Dari Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Bantuan Aplikasi Spss 23 For Windows Dengan Menggunakan Teknik Uji Independent Sample T-Test Pada Taraf Signifikansi 0,05 Di Peroleh Nilai (2-Tailed) ≤ 0,05 (0,001 ≤ 0,05), Maka Ho Ditolak Dan Ha Diterima. Hal Ini Menunjukan Bahwa Ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi sistem pencernaan Kelas V Di SDN 03 Ampenan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Literasi Sains, Ipa, Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Febi Ariana
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:42
Last Modified: 19 Mar 2024 01:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8751

Actions (login required)

View Item View Item