PENGARUH METODE PARTISIPATORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI BERHITUNG SISWA KELAS II SDN 15 MATARAM

MASKENDI, TENRI MAHARANI (2024) PENGARUH METODE PARTISIPATORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI BERHITUNG SISWA KELAS II SDN 15 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (simialrity check)
SKRIPSI. ALHAMDULILLAH TERAKHIRR.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran Partsispatori adalah metode pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa secara penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian Quasi-Eksperimen Desaign. Quasi Eksperimen Disgn yang menggunakan satu kelompok . Berdasarkan data hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer melalui pre-test dan post-test dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa, dapat diamati bahwa nilai tertinggi siswa pada pre-test adalah 88 dan post-test 100 Dengan menggunakan SPSS 21.0 for windows. Data dianggap signifikan jika nilai sig (2-tailed) 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima jika nilai sig (2-tailed) ≥ 0,05. Nilai sig diperoleh 0,73 ≥ 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas II yang menggunakan metode pembelajaran Partisipatori. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, maka penggunaan metode pembelajaran Partisipatori terhadap meningkatkan kemampuan numerasi berhitung siswa kelas II di SDN 15 Mataram dengan bantuan SPSS 21.0 for windows untuk menghitung Indepentent Sample T-Test pada taraf signifikan 5% diperoleh pada hasil pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,02 < 0,05 dan nilai sig 0,73>0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Partisipatori untuk meningkatkan kemampuan numerasi berhitung siswa kelas II SDN 15 Mataram atau dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara metode pembelajaran Partisipatori dengan metode pembelajaran konvesional.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran partisipatori, penelitian deskriptif kuantitatif, quasi eksperimental design.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Maskendi Tensi Maharani
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:19
Last Modified: 20 Mar 2024 03:19
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8691

Actions (login required)

View Item View Item