PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MIXU ICE CREAM & TEA (Studi Kasus Pada Mahasiswa UMMat)

MUHAMAD, JUNIWARDI (2024) PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MIXU ICE CREAM & TEA (Studi Kasus Pada Mahasiswa UMMat). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
MUHAMAD JUNIWARDI.docx (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh labelisasi terhadap keputusan pembelian pada perusahaan Mixue Ice Cream & Tea di kalangan mahasiswa UMMat. Salah satu tujuan dalam penelitian ini juga bisa menjadi mengetahui bagaimana konsumen mempresepsikan labelisasi halal dalam pengambilan keputusan pembeliannya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang berupa kuisioner yang di sebarkan ke mahasiswa administrasi bisnis sebagai responden dengan jumlah total 82 responden atau mahasiswa, yang selanjutnya dilakukan pengumpulan kuisioner kemudian data yang di hasilkan diolahan menggunakan aplikasi statistict yaiut SPSS Versi 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa labelisasi halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana hal ini dapat dilihat dari signifikansi labelisasi halal sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05 dan dapat dilihat dari t hitung sebesar 3.374 dan t tabel sebesar 2.637 yang artinya t hitung > t tabel hal tersebut membuktikan bahwa keberadaan labelisasi halal pada produk Mixue memberikan nilai positif dan signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa. Dikarenakan mengkonsumsi produk halal telah tercatat dalam kitab suci Al-Qur’an dan merupakan perintah lansung dari Allah SWT yang ditujukan untuk kebaikan manusia itu sendiri khususnya umat muslim, keterangan tentang halal pada produk yang dijual terutama di Indonesia mempunyai arti yang sangat penting dan dimaksudkan untuk melindungi masyarakat yang beragama islam dapat terhindar dari melakukan pengkonsumsian produk yang tidak halal (haram). Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini akan meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya labelisasi halal dalam mengambil keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPALAHUDDIN, PALAHUDDINnidn0031127316
Thesis advisorHANDOYO, WIRASTOMOnidn0813048802
Uncontrolled Keywords: Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian, Mixue Ice Cream & Tea
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 381 Perdagangan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhamad Juniwardi
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:52
Last Modified: 08 Mar 2024 02:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8628

Actions (login required)

View Item View Item