ANALISA DAMPAK ON STREET PARKIR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ( STUDI KASUS PASAR CAKRANEGARA)

KADEK, ANISA KARTIKA UTAMI (2024) ANALISA DAMPAK ON STREET PARKIR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ( STUDI KASUS PASAR CAKRANEGARA). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB 5- LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (4MB)

Abstract

Parkir di badan jalan atau biasa di sebut dengan on street parkir banyak terjadi di daerah Pasar dikarenakan aktifitas pasar yang tinggi sedangkan sarana ruang jalan yang belum memadai untuk menampung jumlah kepadatan kendaraan pribadi yang menjadikan terlambatnya arus lalu lintas pada Sebagian ruas tertentu sehingga menimbulkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak on street parking terhadap kinerja ruas jalan di sekitar Pasar Cakranegara, Lombok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak terkait dalam pengembangan kebijakan terkait manajemen parkir on street dan perbaikan kinerja ruas jalan di sekitar Pasar Cakranegara. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung dari jalan A.A Gede Ngurah tepatnya di Pasar Cakranegara, Mataram. Data di analisa mengacu berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Hasil Analisa untuk volume didapatkan jam puncak maksimum pada hari senin jam 13:00-14:00 wita sebesar 1334 smp/jam serta kapasitas dasarnya saat didak adanya on street adalah 3.256,6 smp/jam dan saat adanya adalah 2.534,5 smp/jam dan kecepatan Arus Bebas nya adalah 46,56 km/jam. Untuk Derajat Kejenuhan saat tidak adanya on street adalah 0,41 sedangkan saat adanya on street adalah 0,53 ini menunjukan Tingkat pelayanan jalan yang cukup tinggi yaitu di C (Arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan.) dan B (Arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas, pengemudi memiliki kebebasan untuk memilih kecepatan.).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn08280887201
Thesis advisorANWAR, EFENDInidn0811079502
Uncontrolled Keywords: : Transportasi, MKJI,Volume, Hambatan Samping, Derajat Kejenuhan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya
600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Kadek Anisa Kartika Utami
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:07
Last Modified: 08 Mar 2024 08:07
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8624

Actions (login required)

View Item View Item