STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA OTAK KOKOQ JOBEN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PESANGGRAHAN KEC.MONTONG GADING KAB.LOMBOK TIMUR

INTAN, PERMATA SARI (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA OTAK KOKOQ JOBEN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PESANGGRAHAN KEC.MONTONG GADING KAB.LOMBOK TIMUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text (similarity check)
Skripsweet Intan Permata.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Destinasi Wisata Otak Kokoq Joben dalam meningkatkan ekonomi masyarakat masyarakat di Desa Pesanggarahan Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pejabat Dinas Pariwisata Lombok Timur, Pemerintah Desa Pesanggrahan, Kepala Resort Otak Kokoq Joben (BTNGR), pedagang di Destinasi Wisata,dan masyarakat sekitar Destinasi Wisata Otak Kokoq Joben di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong gading, Kabupaten Lombok Timur. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dengan adanya beberapa strategi pengembangan Destinasi Wisata Otak Kokoq Joben yang dilakukan seperti pengembangan terhadap atraksi wisata, pengembangan aksesibilitas dan transportasi, meningkatkan promosi dan pemasaran, serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, sangat berdampak pada pendapatan dan ekonomi masyarakat di Desa Pesanggrahan yang semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah pengunjung di destinasi wisata, dikarenakan sebagian masyarakat di Desa Pesanggrahan bekerja pada sektor pariwisata yaitu sebagai stake holder seperti, pedagang disekitar objek wisata, juru parkir, menyewakan ban, jasa penginapan dan sebagainya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSULHAN, HADInidn0813038202
Thesis advisorHANDOYO, WIRASTOMOnidn0813048802
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Destinasi Wisata.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Intan Permata Sari
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:03
Last Modified: 15 Mar 2024 07:03
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8602

Actions (login required)

View Item View Item