PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BANGUN RUANG RUMAH ADAT MBOJO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SANGIANG

ARURIN, AGUSTINA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BANGUN RUANG RUMAH ADAT MBOJO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SANGIANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text (Similarity Check)
Skripsi Arurin Agustina FIX_docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan E-modul pembelajaran merupakan suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam memahamkan pembelajarannya, lebih khususnya pada siswa kelas V pada materi bangun ruang. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 subjek, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada siwa kelas V B SDN Sangiang yang berjumlah 11 orang siswa, (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas V A SDN Sangiang yang berjumlah sebanyak 20 orang siswa. Penelitian ini bertujuan “untuk mengembangkan media E-modul berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sangiang yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif”. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian ADDIE adalah tahap analisis (Analysis), tahap mendesain (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), tahap evaluasi (Evaluation). Hasil penilaian adalah penilaian dari 3 validator ahli materi maka memperoleh presentasi 85% yang dinyatakan sangat praktis, dan 3 validator ahli media maka memperoleh presentasi 86% yang dinyatakan sangat praktis. Penilaian dari hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas maka memperoleh nilai 93,72% dikategorikan sangat praktis, penilaian dari hasil angket respon siswa pada uji coba lapangan maka memperoleh nilai 92,40% dikategorikan sangat praktis, dan penilaian dari hasil tes ketuntasan belajar siswa maka memperoleh presentasi 0,77 dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Modul Etnomatematika, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Arurin Agustina
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:13
Last Modified: 07 Mar 2024 03:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8448

Actions (login required)

View Item View Item