PENGARUH MEDIA GERBONG KERETA IMAJINASI (GERAJI) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 2 SD PADA TEMA 1 SUBTEMA 3 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MUHAMMAD, JUWARDIN (2023) PENGARUH MEDIA GERBONG KERETA IMAJINASI (GERAJI) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 2 SD PADA TEMA 1 SUBTEMA 3 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
skripsi wadi fikSs .docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini, data yang disajikan oleh peneliti adalah pemaparan hasil angket minat belajar siswa yang telah dilakukan selama penelitian. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengetahui minat belajar siswa adalah dengan menggunakan lembar angket. Pengaruh penggunaan media gerbong kereta imajinasi dilihat dari kategori minat belajar menunjukkan bahwa dengan penggunaan media gerbong kereta imajinasi, didapat nilai minat siswa pada kelas eksperimen di SDN 03 Hu’u dengan nilai tertinggi pretest adalah 60 dan nilai terendah adalah 32, sedangkan nilai rata-rata sebesar 45.07 dan hasil minat belajar siswa kelas control di SDN 12 Hu’u dengan nilai tertinggi pretest adalah 50 dan nilai terendah adalah 35, sedangkan nilai rata-rata sebesar 40.87. Minat belajar kelas ekperimen di SDN 03 Hu’u dengan nilai tertinggi posttest adalah 64 dan nilai terendah adalah 49, sedangkan nilai rata-rata sebesar 57.47 dan hasil minat belajar siswa kelas control di SDN 12 Hu’u dengan nilai tertinggi posttest adalah 50 dan nilai terendah adalah 38, sedangkan nilai rata-rata sebesar 41.67. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka penggunaan media gerbong kereta imajinasi (Geraji) pembelajaran terhadap minat belajar siswa di kelas II pada tema 1 sub tema 3 pembelajaran 1 SDN 03 Hu’u. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 29.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (3.741 ≥ 2,048), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.002 ≤ 0,05). Maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: media gerbong kereta imajinasi (Geraji), minat belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Juwardin
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:34
Last Modified: 17 Nov 2023 02:34
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8196

Actions (login required)

View Item View Item