Desi, Nadila (2023) Improved Problem-Solving Skills Using Mathematics Module. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12. ISSN 2527-8827
Text
Desi Nadila.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
Abstract
Banyaknya peneliti yang telah melakukan penelitian yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan modul matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kembali hasil-hasil penelitian pada perbandingan tingkat hasil belajar siswa terhadap pemecahan masalah dengan menggunakan modul matematika, berdasarkan jenjang pendidikan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Meta-analisis. Hasil penelusuran ditemukan sebanyak 61 data yang memenuhi syarat dan ketentuan dari database Geogle Scolar, DOAJ, dan Scopus dari jumlah peserta didik (N), nilai uji fisher (F), nilai uji student (t), nilai uji korelasi (r) dan ketuntasan klasikal yang diambil bersdasarkan dengan kata kunci. Dan hasil data akan dianalisis menggunakan sofware JASP dengan menginput nilai Effect Size (ES) dan standart Error (SE) dari tiap data. Dari hasil analis data dapat terlihat peningkatan yang signifikan. Hasil analisis data menunjukkan tingkat perbandingan hasil pemecahan masalah menggunakan modul matematika pada semua jenjang, pada jenjang SD sebesar 96% (kategori tinggi), tingkat SMP sebesar 99% (kategori tinggi), tingkat SMA 101% (kategori tinggi) dan PT sebesar 86% (kategori tinggi). Disimpulkan tingkat perbandingan pada jenjang SMA lebih tinggi dibandingkan dengan jenjang SD, SMP, dan PT. Kata Kunci: Peningkatan; Kemampuan Pemecahan Masalah; Modul.
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Soadikin | |||||||||
Date Deposited: | 12 Oct 2023 06:08 | |||||||||
Last Modified: | 12 Oct 2023 06:08 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8115 |
Actions (login required)
View Item |