Improved Problem-Solving Skills Using Mathematics Module

Desi, Nadila (2023) Improved Problem-Solving Skills Using Mathematics Module. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12. ISSN 2527-8827

[img] Text
Desi Nadila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Banyaknya peneliti yang telah melakukan penelitian yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan modul matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kembali hasil-hasil penelitian pada perbandingan tingkat hasil belajar siswa terhadap pemecahan masalah dengan menggunakan modul matematika, berdasarkan jenjang pendidikan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Meta-analisis. Hasil penelusuran ditemukan sebanyak 61 data yang memenuhi syarat dan ketentuan dari database Geogle Scolar, DOAJ, dan Scopus dari jumlah peserta didik (N), nilai uji fisher (F), nilai uji student (t), nilai uji korelasi (r) dan ketuntasan klasikal yang diambil bersdasarkan dengan kata kunci. Dan hasil data akan dianalisis menggunakan sofware JASP dengan menginput nilai Effect Size (ES) dan standart Error (SE) dari tiap data. Dari hasil analis data dapat terlihat peningkatan yang signifikan. Hasil analisis data menunjukkan tingkat perbandingan hasil pemecahan masalah menggunakan modul matematika pada semua jenjang, pada jenjang SD sebesar 96% (kategori tinggi), tingkat SMP sebesar 99% (kategori tinggi), tingkat SMA 101% (kategori tinggi) dan PT sebesar 86% (kategori tinggi). Disimpulkan tingkat perbandingan pada jenjang SMA lebih tinggi dibandingkan dengan jenjang SD, SMP, dan PT. Kata Kunci: Peningkatan; Kemampuan Pemecahan Masalah; Modul.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorVera, Mandailinanidn0826028501
Thesis advisorMahsup, Mahsupnidn0828068202
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:08
Last Modified: 12 Oct 2023 06:08
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8115

Actions (login required)

View Item View Item