Learning Independence Towards Mathematics Learning Outcomes Based on Education Level

Amina, Tusaadia (2022) Learning Independence Towards Mathematics Learning Outcomes Based on Education Level. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL RESEARCH AND REVIEW, 5 (5). ISSN INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL RESEARCH AND REVIEW

[img] Text
Amina Tusaadia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Namun saat ini masih banyak siswa yang kurang memiliki sikap mandiri dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemandirian belajar terhadap peningkatan hasil belajar matematika berdasarkan jenjang pendidikan. Jenis penelitian ini yaitu meta-analisis. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis, dimana data dikumpulkan dari hasil penelitian yang relevan yang memuat nilai-nilai uji fisher, uji-t, uji korelasi, jumlah partisipant, dan ketuntasan klasikal. Dalam penelitian ini pengumpulan data dan instrumen penelitian diambil dari jurnal yang relevan. Teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan pendapat mencari artikel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Data dianalisis menggunakan software JASP dengan input nilai effect size dan standard error dari masing-masing data. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika pada semua jenjang SD, SMP, SMA, dan PT sebesar 20% (kategori cukup), selain itu pada jenjang SD sebesar 17% (kategori rendah), di tingkat SMP sebesar 22% (kategori cukup), di tingkat SMA sebesar 25% (kategori cukup) dan tingkat PT sebesar 11% (kategori rendah). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada jenjang SMA lebih tinggi dibandingkan pada jenjang SD, SMP, dan PT.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdillah, Abdillahnidn0824048301
Thesis advisorMahsup, Mahsupnidn0828068202
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:18
Last Modified: 25 Aug 2023 03:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item View Item