ANALISIS PROBLEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI GUGUS 2 DESA BATU KUMBUNG

SRI, RAHAYU (2023) ANALISIS PROBLEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI GUGUS 2 DESA BATU KUMBUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah guru dalam menggunakan media pembelajaran, penelitian ini dilakukankan di gugus 2 sekolah dasar yang berada di Desa Batu Kumbung yaitu SDN 1 Batu Kumbung, SDN 2 Batu Kumbung, SDN 3 Batu Kumbung, SDN 4 Batu Kumbung, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Waktu penelitian ini di lakukan pada tanggal 30 Mei sampai 3 Juni 2023. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan strategi study kasus sehingga metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti akan memfokuskan 1 sekolah 2 guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media pembelajaran di sekolah, kendala yang dialami guru dalam penggunaan media pembelajaran, serta bagaimana upaya guru agar mampu mengelola pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara bersama guru (terstruktur), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif di lakukan dalam 3 tahap yaitu, reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat di tarik kesimpulan bahwa: (1) pemanfaatan media pembelajaran di sekolah masih kurang optimal karena masih ada beberapa guru jarang menggunakan media pembelajaran dikelas salah satunya malas dan merasa repot. (2) kendala yang dialami guru belum mahir menggunakan media pembelajaran yang berbasis IPTEK, lokasi dan biaya, kesulitan mengatur waktu, dalam pemilihan media pembelajaran yang sesuai. (3) upaya guru agar mampu mengelola pembelajaran dengan menerapkan media pembeajaran yaitu dengan mengikuti pelatihan dan seminar, menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, memilih media pembelajaran yang tepat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru, Media Pembelajaran, Pemanfaatan Media.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Sri Rahayau
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:25
Last Modified: 21 Aug 2023 06:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7985

Actions (login required)

View Item View Item