EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022-2023

ABDUL, HAMID (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022-2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (847kB)
[img] Text (Similarity Check)
ABDUL HAMID TURNITIN (1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat motivasi siswa terhadap efektivitas penggunaan media dalam pembelajaran pada tema hewan dan tumbuhan di SD Mudimat tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan mengambil satu grup sebagai objek penelitian. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah siswa 12 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji reliabilitas, validitas, homogenitas, normalitas. dan hipotesis (uji t) dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai uji reliabilitas dengan nilai variabel 0.766 > 0.60, uji validitas menunjukkan nilai r hitung > r tabel, uji homogenitas dimana nilai signifikan 0.133 > 0.05, uji normalitas dengan nilai distribusi 0.321 > alpha 5%, dan uji N-Gain standar rata-rata dengan skor 0.82 dengan kriteria Gain tinggi. Sehingga penggunaan media video animasi dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran. Nilai rata-rata hasil test dimana posttest lebih tinggi dibandingkan hasil pretest, rata-rata hasil posttest dengan nilai 95.42 dan pretest dengan nilai rata-rata 77.08 Dengan demikian, nilai uji hipotesis (uji-t) yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi -3.059 < 0.001 artinya Hi sebagai alternative dapat diterima, sedangkan Ho tidak dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media video animasi dapat memberikan motivasi dan meningkatkan daya belajar siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYULI, MARIYATInidn0806068802
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Motivasi Belajar, Media Pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Abdul Hamid
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:39
Last Modified: 21 Aug 2023 01:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7978

Actions (login required)

View Item View Item