Hasri, Ainun Havivah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MUATAN IPA DI SDN 28 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III-1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (976kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN-2.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
skripsi ainun baru.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 28 Mataram dengan menggunakan model take and give dan peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran konvesional. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Exsperimental. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapatkan treatment (perlakuan) yaitu pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V SDN 28 Mataram. Pada pengambilan sampel menggunakan kelas VA sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran take and give) dan kelas VB sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvesional). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes untuk mengetahui hasil belajar dan teknik analisa data yaitu uji validitas,uji relibilitas,uji normalitas, dan uji prasyaratan dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terlihat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen (VA) diperoleh peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata pretest = 60,15 dan nilai rata-rata posttest = 75,1. Sedangkan pada kelas kontrol (VB) dengan nilai rata-rata pretest =58,42 dan nilai rata-rata posstest = 64,19. Setelah data dinyatakan normal dan homogen maka langkah terakhir adalah melakukan uji hipotesis Independent Sample T-Test menggunakan bantuan software SPSS 25 for windows dengan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001< 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model take and give dengan pembelajaran konvesional atau terdapat pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan model take and give dibandingkan dengan pmbelajaran konvesional
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Take and Give, Hasil Belajar, Muatan IPA | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Hasri Ainun Havivah | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 06:49 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 06:49 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7946 |
Actions (login required)
View Item |