ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD DI KECAMATAN LINGSAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Raudah, Raudah (2023) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD DI KECAMATAN LINGSAR TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rendahnya hasil belajar matematika di kelas 4 sekolah dasar. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, salah satu penyebabnya adalah rendahnya minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor-faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa serta untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor penghambat minat belajar tersebut. Metode ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dan penelitian ini yaitu siswa kelas 4 yang berjumlah 3 sekolah di Kecematan Lingsar yaitu , SDN 1 Sigerongan, SDN 1 Karangbayan, SDN 2 Karangbayan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di 3 sekolah berada pada kategori baik dengan rata-rata hasil observasi sebesar 68,24%. faktor pendukung minat belajar siswa adalah motivasi belajar siswa adanya arahan dan dorongan belajar yang diberikan oleh guru, lingkungan belajar yang tenang dan perlengkapan belajar yang lengkap. faktor penghambat minat belajar siswa kondisi kelas yang ramai, Siswa memiliki kesibukan sendiri pada saat guru menjelaskan materi dan siswa yang tidak memiliki kesiapan untuk belajar dalam perlengkapan belajarnya yang tidak lengkap upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor penghambat minat belajar adalah guru memberikan motivasi kepada siswa saat pelajaran akan dimulai serta arahan dan dorongan pada saat pembelajaran sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Analisis, Minat Siswa, Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Raudah Raudah
Date Deposited: 14 Aug 2023 09:00
Last Modified: 14 Aug 2023 09:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7851

Actions (login required)

View Item View Item