STYUDY PENGARUH BENTUK GEOMETRIK JALAN TERHADAP TERJADINYA KECELAKAAN DI KABUPATEN LOMBOK BARAT (Studi kasus tikungan Sekotong, Lembar, Kediri)

JULIADI, FATHURRAHMAN (2023) STYUDY PENGARUH BENTUK GEOMETRIK JALAN TERHADAP TERJADINYA KECELAKAAN DI KABUPATEN LOMBOK BARAT (Studi kasus tikungan Sekotong, Lembar, Kediri). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V- LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu masalah serius yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini. Menurtu data Korpas Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyatakan jumlah kecelakaan di seluruh Indonesia pada tahun 2022 mencapai 94.617 kasus kecelakaan. Dari 94.617 kasus kecelakaan tersebut, mengakibatkan 19.054 orang meninggal dunia akibat kecelakaan, artinya dalam 1 jam terdapat 2-3 orang meninggal dunia atau setiap harinya sekitar 52 orang meninggal dunia akibat kecelakaan. Selain menyebabkan meninggal dunia, kecelakaan lalu lintas juga menyebabkan kerugian material dan kerusakan terhadap kendaraan yang terlibat. Tingkat fatalitas dari suatu kecelakaan dapat diukur dari akibat kecelakan tersebut. Semakin banyak korban meninggal dunia maka semakin tinggi pula fatalitas kecelakaan lalu lintas tersebut. Adapun dari data POLRES Lombok Barat jumlah kasus kecelakaan pada tahun 2022, tercatat 289 kasus kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia sebanyak 43 jiwa. Yang dimana pada tikungan wilayah kediri tepatnya di Jalan Raya TGH Ibrahim AlKhalidi 8 kasus kecelakaan,Wilayah sekotong di Jalan Raya Sekotong-Lembar 11 kasus kecelakaan dan wilayah Lembar di Jalan Raya Lembar – Mataram 14 kasus kecelakaan. Dari penelitian ini, didaptkan Jenis tikungan pada masing lokasi penelitian yakni, di Jalan Raya Sekotong-Lembar (Tikungan Sekotong) merupakan jenis tikungan dengan tipe Spiral-Circle-Spiral (SCS), di Jalan Raya Lembar-Mataram (Tikungan Lembar) merupakan jenis tikungan tipe Spiral-Circle-Spiral (SCS). Sama halnya seperti tipe diatas, pada lokasi penelitian terakhir yakni Jalan Raya TGH Ibrahim Alkhalidi (Tikungan Kediri) merupakan jenis tikungan dengan tipe Spiral-Circele-Spiral (SCS). Hasil analisa regresi yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS.26 menunjukkan pada hubungan jumlah kecelakaan terhadap faktor geometrik tikungan didapatkan angka determinasi r2 tertinggi sebesar 0.989 pada persamaan Y1 = 20.360+0.94X1-1.782X3, dimana X1 merupakan Panjang Ls dan X3 merupakan nilai elevasi yang ada dilapangan. Dari hasil diatas, panjang Ls dan nilai elevasi dilapangan memiliki pengaruh yang kuat terhadap jumlah kecelakaan. Jumlah kecelakaan akan berbanding terballik terhadap panjang Ls, semakin kecil nilai panjang Ls maka jumlah kejadian kecelakaan akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorAGUS, PARTONOnidn0809085901
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Parameter Geometrik Tikungan, Kecepatan, Volume Lalu Lintas
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Juliadi Fathurrahman
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:22
Last Modified: 04 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item