ANALISIS KERUSAKAN PADA PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (STUDI KASUS : RUAS JALAN SULTAN KAHARUDDIN KOTA MATARAM)

DIDI, HENDRAWANSYAH (2023) ANALISIS KERUSAKAN PADA PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (STUDI KASUS : RUAS JALAN SULTAN KAHARUDDIN KOTA MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan jalan di kota mataram didorong oleh meningkatnya pertumbuhan penduduk seiring dengan meningkat arus lalu lintas yang berada di kota mataram guna kebutuhan transportasi dan kebutuhan sehari- hari Pembangunan jalan di kota mataram di dorong oleh arus lalu lintas yang padat tak terkecuali dalam bidang sosial dan ekonomi harus memenuhi kenyamanan pengemudi konstruksi jalan tentu harus didukung oleh perkerasan dengan standar yang baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan yang terdapat pada lapisan permukaan, Penelitian ini menggunakan metode Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI). Adapun metode PCI yaitu salah satu sistem penilaian kondisi perkerasan untuk upaya pemeliharaan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi serta dapat dijadikan sebagai acuan dalam perbaikan maupun pemeliharaan. Sedangkan metode bina marga memperhatikan jenis kerusakan saat melakukan survei di lokasi penelitian, diantaranya kerusakan perkerasan pada permukaan dan nilai untuk masing-masing keadaan kerusakan. Penilaian kondisi ruas jalan Sultan Kaharuddin Kota Mataram dengan metode PCI menghasilkan nilai persentase tertinggi yaitu 47% pada nilai baik (good), 35% pada nilai sempurrna (excellent), 17% pada nilai sangat baik (very good), sedangkan menggunakan metode Bina Marga dengan persentase tertinggi pemeliharaan rutin sebesar 55%, pemeliharaan berkala 5%.Dari hasil perhitungan jenis kerusakan terparah persegmen Ruas Jalan Sultan Kaharuddin adalah jenis kerusakan Retak Pinggir (Edge Cracking) sebesar 1.234%

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorISFANARI, ISFANARInidn0830086701
Thesis advisorAHMAD, ZARKASInidn0819068903
Uncontrolled Keywords: Kerusakan, Perkerasan Jalan, Metode Bina Marga dan Pavement Condition Index
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Didi Hendrawansyah
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:11
Last Modified: 25 Jul 2023 06:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7519

Actions (login required)

View Item View Item