POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK RANTAU DAN ORANG TUA PADA FILM NGERI-NGERI SEDAP

QOIMAH, AL HIDAYAHTUL MUS (2023) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK RANTAU DAN ORANG TUA PADA FILM NGERI-NGERI SEDAP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_AL HIDAYAHTUL MUS QOIMAH_NIM 2019G1C005_KPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV_AL HIDAYAHTUL MUS QOIMAH_NIM 2019G1C005_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_AL HIDAYAHTUL MUS QOIMAH_NIM 2019G1C005_KPI.pdf

Download (883kB)
[img] Text (Similarity Check)
ACC SKRIPSI IMAH .docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Film Ngeri-Ngeri Sedap adalah film drama yang bernuansa komedi yang menampilkan nilai-nilai penting suku dan budaya masyarakat, khususunya Batak. Film keluarga yang relatable dengan konflik dimasyarakat serta film yang bagus untuk di tonton oleh para perantau Indonesia, dimana penduduk Indonesia 56,7 persen nya merupakan perantau. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal anak rantau terhadap orang tua dalam film ngeri-ngeri sedap. 2) Untuk menganalisis Wacana Kritis Norman Fairclough terhadap anak rantau dan orang tua dalam film Ngeri-Ngeri Sedap. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif serta pendekatan analisis wacana kritis milik Norman Faircloug. Hasil penelitian, pada film Ngeri-Ngeri Sedap adalah pola komunikasi interpersonal yang digunakan anak rantau dan orang tua adalah pola komunikasi verbal dengan menggunakan bentuk komunikasi dialog berdiskusi (diadik), pola komunikasi anak rantau dan orang tua tersebut juga telah sesuai dengan teori Norman Fairclough yaitu Analisis Wacana Kritis (AWK) yang dibagi kedalam beberapa dimensi yaitu dimensi teks, dimensi wacana dan dimensi sosial budaya. Pertama dimensi teks, dalam film Ngeri-Ngeri Sedap terdapat representasi, relasi dan identitas pada setiap adegannya yang sesuai (AWK) Norman Fairclough. Kedua dimensi wacana, pada film Ngeri-Ngeri sedap telah sesuai pada segi produksi dan konsumsi dan terakhir dimensi sosial budaya yang telah sesuai pula dalam menjelaskan situasional, institusional dan sosial.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIshanan, Ishanannidn0811129101
Thesis advisorFathurrijal, Fathurrijalnidn0831128412
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Interpersonal, Analisis Wacana Kritis, Film
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, Komunikasi & Transportasi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Al Hidayatul Mus Qoimah
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:50
Last Modified: 17 Jul 2023 03:50
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7216

Actions (login required)

View Item View Item