PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MEMBACA SISWA KELAS II DI SDN INPRES KELI TAHUN AJARAN 2022/2023

KURNILAH, KURNILAH (2023) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MEMBACA SISWA KELAS II DI SDN INPRES KELI TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (996kB)
[img] Text (similarity check)
KURNILAH SKRIPSI BISMILLAH 020607.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang memiliki tujuan yang sangat penting untuk diperoleh yaitu untuk membentuk orang yang mempunyai sikap atau attitude sosial yang baik, yang mampu bekerjasama dengan lingkungannya, mampu mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan sendiri maupun golongan. Dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, siswa sebagai subyek pendidikan dapat diarahkan kepada suatu pendidikan formal atau informal, pada intinya adalah untuk memberikan bimbingan kepada para siswa sehingga pada akhirnya dapat memberikan pada peningkatan pada prestasi belajar siswa tersebut. Bimbingan secara khusus dapat dilakukan dalam berbagai aspek, baik dalam hal menulis, menghafal, memotivasi siswa, maupun bimbingan belajar dalam hal membaca. Penelitian ini bertujuan dan mendeskripsikan adanya pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan keterampilan dasar membaca siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi sebagai metode utama dalam pengumpulan data. Sedangkan responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa kelas II di SDN INPRES KELI. Pada proses analisis data, penelitian ini menggunakan rumus korelasi prodact moment dengan bimbingan belajar variabel independen (X) dan keterampilan dasar membaca siswa sebagai variabel dependen (Y). Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan belajar memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan dasar membaca siswa. Hal tersebut terbukti dengan adanya hasil pengujian dari analisis menggunakan rumus korelasi prodact moment, dimana pada analisis tersebut r_hitung≥r_(tabel )dengan taraf signifikasi 5% sebesar 0,58≥ 0,367. Hal ini menjelaskan bahwa dalam hipotesis yang diterima adalah H_a dan H_0 ditolak. Dimana arti H_a adalah bimbingan memliki pengaruh yang signifakn terhadap peningkatan keterampilan dasar membaca siswa kelas II di SDN INPRES KELI.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKHAERUDDIN, SAIDnidn02128076201
Thesis advisorMARDIYAH, HAYATInidn0802096701
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Keterampilan Dasar Membaca.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Kurnilah Kurnilah
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:56
Last Modified: 11 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7044

Actions (login required)

View Item View Item