BQ. PRATIWI, UMAYATUL KHAIROH (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PENGGUNA LAYANAN PDAM (Studi PDAM Kabupaten Lombok Timur). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
PLAGIASI BAIQ PRATIWI (1).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Perlindungan Hukum bagi Konsumen Pengguna Layanan PDAM Kabupaten Lombok Timur Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, permasalahan yang sering terjadi di dalam masyarakat adalah masalah pelayanan yang diberikan pihak PDAM dan sering kali hak konsumen tidak dipenuhi oleh pihak PDAM Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi konsumen pengguna layanan PDAM dan mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen yang di rugikan ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. Jenis atau metode penelitian yang digunakan adalah normatif empiris dengan pendekatan perUndang-Undangan dan pendekatan sosiologis yang sumber datanya di peroleh melalui data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui studi Pustaka dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan PDAM Kabupaten Lombok Timur bentuk perlindungan yang di berikan kepada konsumen adalah dengan memberikan hak konsumennya sesuai dengan pasal 4 UUPK, upaya hukum yang dapat di tempuh konsumen apa bila dirugikan dengan cara melakukan beberapa upaya seperti meminta ganti rugi apabila diperlukan, apabila tidak ada titik temu antara konsumen dengan produsen mengenai masalah yang di hadapi konsumen berhak menyelesaikan sengketanya dibeberapa lembaga perlindungan konsumen seperti Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKMS) dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) penyelesaian sengketa konsumen juga bisa dilakukan di pengadilan maupun di luar pengadilan. Diharapkan bagi pihak PDAM lebih meningkatkan pelayanan nya, lebih memperhatikan hubungannya dengan konsumen dan memperhatikan hak konsumennya selain itu pihak PDAM juga harus menyedikan kotak pengaduan baik di cabang, pusat maupun secara online dan lebih transparan dalam hal pelayanan di dalam maupun di luar kantor
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Konsumen, Layanan PDAM | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Hukum | |||||||||
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | BQ Pratiwi Unayatul Khairoh | |||||||||
Date Deposited: | 06 Jul 2023 00:49 | |||||||||
Last Modified: | 06 Jul 2023 00:49 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7027 |
Actions (login required)
View Item |