ANALISIS KOMPETENSI SOSIAL GURU KELAS TINGGI SD DI GUGUS III KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023

ERLIN, APRIANTI (2023) ANALISIS KOMPETENSI SOSIAL GURU KELAS TINGGI SD DI GUGUS III KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SIMILARITY CEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sebelumnya pada tanggal 20-24 September 2022 di Sekolah yang ada di Gugus III Kecamatan Labuapi khususnya pada kelas tinggi. Ditemui proses interaksi selama pembelajaran di beberapa sekolah kurang aktif, kurangnya kesempatan bertanya dan berdiskusi baik dengan guru maupun siswa dengan siswa lainnya, dan tanpa disadari masih banyak ditemui siswa yang kurang percaya diri. Ini menunjukkan kurangnya kompetensi guru didalam kelas khususnya kompetensi sosial guru. Kompetensi sosial yang dimiliki oleh seorang guru, khususnya guru kelas tinggi diharapkan mampu mengelola kelas selama pembelajaran dengan baik agar mampu membuat siswa merasa senang dan nyaman dalam belajar. Untuk mengetahui kompetensi sosial guru kelas tinggi ini peneliti menggunakan metode kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini diambil melalui pengisian angket guru, Lembar hasil observasi, wawancara kepala sekolah dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru kelas tinggi sekolah dasar di Gugus III kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok barat Tahun Ajaran 2022/2023 termasuk dalam kategori baik dengan nilai persentase angket siswa adalah 80% dan nilai persentase angket guru adalah 90%. Berdassarkan hasil wawancara 7 kepala sekolah semua guru kelas tinggi yang ada di Gugus III kecamatan Labuapi termasuk memiliki kompetensi sosial guru yang baik. Hambatan-hambatan yang dialami oleh guru mengenai kompetensi sosial yang guru alami adalah ketika guru berhadapan dengan anak yang berkebutuhan khusus, seperti terlambat belajar, dan hambatan lainnya yang dialami oleh 5 dari 7 guru ketika saat berkomunikasi dengan orangtua/wali siswa dikarenakan masih banyak orangtua/wali siswa yang tidak memiliki HP.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kompetensi Guru, Kompetensi Sosial Guru
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Erlin Aprianti
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:39
Last Modified: 24 Feb 2023 03:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6798

Actions (login required)

View Item View Item