ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PADA ANGKUTAN UMUM BUS DUNIA MAS JURUSAN MATARAM-BIMA

Muhammad, Gafur (2020) ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PADA ANGKUTAN UMUM BUS DUNIA MAS JURUSAN MATARAM-BIMA. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Angkutan umum adalah angkutan penumpang yang menggunakan kendaraan umum yang dilakukan dengan system sewa atau bayar contohnya bus. Peranan bus sebagai sarana transportasi menjadi penting bagi daerah atau provinsi di Indonesia yang secara langsung sebagai penunjang sector pariwisata dan pendidikan. Oleh sebab itu bus diharapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada para konsumen dengan berupaya memberikan semaksimal mungkin pemenuhan keinginan konsumen. Bus Dunia Mas mengalami peningkatan penumpang pada saat hari-hari libur mahasiswa sedangkan pada hari-hari biasa mengalami penurunan konsumen. Sehingga yang dialami oleh Perusahaan Otobus (PO) Dunia Mas menjadi suatu masalah. Oleh karena itu, perlu dilakukan anasisis terkait kepuasan pelayanan pada angkutan umum Bus Dunia Mas jurusan Mataram-Bima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Importance-Perfomance Analysis (IPA), merupakan alat bantu dalam menganalisis perbandingan tingkat kepuasan dan kepentingan terhadap jawaban responden. Berdasarkan hasil jawaban responden secara keseluruhan bahwa tingkat kepuasan penumpang/pelanggan terhadap kualitas pelayanan Bus Dunia Mas jurusan Mataram-Bima dikategorikan berada dikisaran = (3.41 - 4.20) dengan hasil rata-rata skor nilai tingkat kepuasan = (3,79), menunjukan bahwa tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan yang diberikan berdasarkan 6 (Enam) dimensi pelayanan dianggap puas. Berdasarkan Standar Pelayanan Angkutan Penumpang Umum Pada Kawasan Strategis Nasional Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 52 Tahun 2019 bahwa pelayanan pada transportasi tersebut sudah cukup memenuhi criteria peraturan. Dengan nilai persentase fasilitas yang telah ada 82% dan fasilitas yang belum ada 18%. Kata Kunci :Analisis, Pelayanan, Importance, Perfomance, Angkutan Umum

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerIsfanari, Isfanarinidn0830086701
ReviewerTitik, Wahyuningsihnidn0819097401
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pelayanan, Importance, Perfomance, Angkutan Umum
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 606 Organisasi di Bidang Teknologi dan Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:14
Last Modified: 17 Feb 2020 03:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item