LALU, MUHAMAD FADRISNO (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF IPA ONLINE BERBASIS PROYEK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ILMIAH SISWA SMP/MTS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (similarity check)
Hasil cek plagiasi skripsi LALU MUHAMAD FADRISNO.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak di gunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dimana dalam penggunaanya dapat diakses melalui di internet dan latihan yang di sajikan berbasis proyek dengan tujuan untuk membentuk karakter ilmiah siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research And Development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan ahli angket peningkatan karakter (Gain). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket uji kelayakan ahli media, angket uji kelayakan ahli materi, dan angket uji kelayakan ahli bahasa. Selain itu data juga diperoleh dari pengguna dengan instrumen berupa angket validasi pengguna dan angket pretest, posttes untuk mengukur peningkatan karakter (Gain) setelah menggunakan multimedia interaktif hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validasi oleh ahli media memproleh skor persentase 89 %, validasi ahli materi mendapat skor 92 %, validasi ahli bahasa mendapat skor 92 %, validasi ahli angket mendapat skor 96 %, berdasarakan indicator skor persentase dari semua ahli masuk dalam kriteria sangat valid. (2) Terdapat peningkatan Skor persentase validasi dari pretest 64 % menjadi 89% pada posttest. Dimana skor ini masuk dalam kualifikasi Tingkat Pencapaian sangat baik dan masuk dalam kategori sangat efektif. Hal ini di buktikan dengan Peroleh nilai gain sebesar 0.7 dimana nilai ini merupakan perolehan gain yang tinggi. Sesuai indikator bahwa Apabila nilai gain yang di peroleh masuk dalam kategori tinggi, maka produk dikatakan efektif. (3) Skor analisis data angket validasi pengguna yang terdiri atas tiga aspek yaitu aspek media, aspek materi, dan aspek pembelajaran, masing – masing memperoleh skor persentase yaitu aspek media 82 %, aspek materi 82 % dan aspek pembelajaran memperoleh persentase 80 % ketiga aspek tersebut masuk dalam kategori baik atau efektif. Berdasarkan hasil dari serangkaian proses uji kelayakan tersebut multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan efektif untuk digunakan. Katakunci: multimedia interaktif, berbais proyek, karakter ilmiah
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, berbais proyek, karakter ilmiah | |||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-Ilmu Murni > 530 Fisika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Lalu Muhamad Fadrisno | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2023 06:30 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2023 06:30 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6628 |
Actions (login required)
View Item |