PENGARUH MEDIA GAMES EDUKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV PADA MUATAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 1 SD AISYIYAH 1 MATARAM

MAYLA, SUSMA NIRWANA (2023) PENGARUH MEDIA GAMES EDUKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV PADA MUATAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 1 SD AISYIYAH 1 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (similarity check)
MAYLA SUSMA NIRWANA (2).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media pembelajaran Games Edukasi terhadap karakter rasa ingin tahu siswa pada muatan IPA subtema 6 tema 1 kelas IV. Saat ini teknologi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Ada banyak sekali hal yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Di dalam dunia pendidikan contohnya media pembelajaran yang begitu beragam dan canggih untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Namun, tidak sedikit juga guru yang belum secara maksimal dalam menggunakan teknologi di dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran yang kurang menarik, cenderung membuat siswa bosan dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran menjadi kurang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Dan sampelnya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang siswa. Data mengenai karakter rasa ingin tahu diukur dengan soal pretesdan postest. Sebelum menganalisis lebih lanjut mengenai hasil pretest dan postest, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reabilitas terhapa soal. Kemudian likaukan uji N-gain menunjukkan bahwa interpretasi sedang yakni berada pada 0,30< g < 0,70. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh media games edukasi berbasis android terhadap peningkatan karakter rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: media games edukasi, karakter rasa ingin tahu, pembelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mayla Susma Nirwana
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:28
Last Modified: 26 Jan 2023 03:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6445

Actions (login required)

View Item View Item