NURHASANAH, NURHASANAH (2022) PENERAPAN STRATEGI GURU DALAM MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK YANG BROKEN HOME KELAS V DI MIN 1 KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
NURHASANAH 4.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah proses membimbing manusia dari kegelapan (kebodohan) menuju pencerahan (pengetahuan), atau dari yang tidak tahu menjadi tahu.Pendidikan berarti daya upaya memajukan perkembangan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek) dan jasmani anak-anak. Pendidikan sebagai tindakan atau pengalaman yang mempunyai pengaruh yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pikiran, watak, atau kemampuan fisik individu. Hasil yang diperoleh adalah pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan keterampil. Guru merupakan aktor utama dan terdepan dalamp proses belajar mengajar. Guru adalah orang yang berperan langsung dalam proses pendidikan, guru memegang peranan strategis dalam membangun watak bangsa melalui pengembangan karakter dan nilai yang di inginkan. Jenis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang di gunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (verification). Strategi yang di lakukan oleh seorang guru salam mengatasi siswa yang mengalami Broken Home dalam proses pembelajaran yaitu ; 1) melakukan pendekatan terhadap siswa, 2) pencarian data tentang masalah yaitu berkomunikasi dengan orang tua siswa dan wali kelas, 3) melakukan konsultasi secara pribadi. guru juga harus bertanggung jawab dalam pembentukan karakter religius dan mental anak ke arah yang lebih baik
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, Peserta Didik, Keluarga Broken Home | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nurhasanah Nurhasanah | |||||||||
Date Deposited: | 28 Dec 2022 03:10 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2022 03:10 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6300 |
Actions (login required)
View Item |