EVALUASI KEPUASAN PELAYANAN TERMINAL TENTE TIPE B KABUPATEN BIMA

SUWARDIN, SUWARDIN (2022) EVALUASI KEPUASAN PELAYANAN TERMINAL TENTE TIPE B KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
KOVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terminal Tente tipe B Kabupaten Bima melayani kendaraan Angkutan Pedesaan (ADES), Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan Angkutan Kota Antara Provinsi (AKAP). Tujuan penelitian yaitu mengetahui kelengkapan infrastruktur pelayanan terminal, mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan Terminal, mengetahui pelayanan sesuai dengan Peraturan Menter Perhubungan No.40 Tahun 2015 tentang Standar Penyelenggaraan Pelayanan Terminanl Penumpang, dan untuk mengetahui perbaikan infrastruktur yang menjadi prioritas di Terminal Tente. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan metode kuisioner. Penelitian dilakukan dengan cara mengamati langsung kondisi terminal. Analisis data dilakukan dengan metode IPA (Importance Perfomance Analysis). Hasil servei penelitian Kelengkapan fasilitas di Terminal Tente berdasarkan PM Perhubungan No132 Tahun 2015, dari 9 fasilitas utama terdapat 1 tidak tersedia dan dari 8 fasilitas penunjang terdapat 3 tidak tersedia. Berdasarkan hasil analisa data bahwa penilaian tingkat kepuasan responden terhadap pelayanan Terminal Tente adalah 2,34 (Kurang Puas), bila ditinjau dari kesenjangan (GAP) dari tingkat kepuasan terhadap kepentingan semuanya bernilai negatif, dengan nilai rata-rata sebesar -1,79. Tetapi Pelayanan dari Terminal Tente saat ini untuk keseluruhan atribut yaitu sebesar 56,83% artinya kualitas pelayanan berada dalam kategori (cukup baik). Berdasarkan Standar Pelayanan pada Peraturan Menteri Perhubungan No.40 Tahun 2015 menunjukan bahwa pelayanan di Terminal Tente sudah sesuai kriteria dengan presentasi 64,8% fasilitas tersedia dan 35,2% belum tersedia. Dimana dari 19 atribut yang telah dipetakan dalam diagram kartesius terdapat 5 atribut pelayanan yang menjadi prioritas perbaikan pelayanan yang berada pada Kuadran I. Kuadran I merupakan Atribut yang sangat penting untuk dilakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorARI, RAMADHAN HIDAYATnidn0823029401
Uncontrolled Keywords: Terminal, Kuisioner, Pelayanan, Analisis IPA, Kabupaten Bima.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Suwardin Suwardin
Date Deposited: 23 Sep 2022 06:48
Last Modified: 23 Sep 2022 06:48
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6136

Actions (login required)

View Item View Item